F1 atau formula satu merupakan ajang tertinggi balap kendaraan beroda empat formula dengan kawasan duduk tunggal.
F1 dimulai pada tahun 1950 dan ketika itu balapan f1 memang tidak secanggih bila dibandingkan dengan zaman sekarang
Pada ketika ini memang kendaraan beroda empat f1 terlihat sangat tepat kalau dibandingkan dengan era dahulu, namun itu semua hasil dari pengembangan-pengembangam kendaraan beroda empat dari tahun ke tahun atau dari waktu ke waktu. Dan dari tahun ke tahun itu ada perubahan-perubahan di dalam kendaraan beroda empat f1, selain dalam kendaraan beroda empat f1 perubahan juga sanggup terjadi pada sektor lainnya.
Dan di bawah ini ulasan sedikit perihal perkembangan-perkembangan formula satu.
Era 1950
|
f1 era 50-an |
Pada tahun 1950 kendaraan beroda empat f1 mulai digelar. Pada awal mula digelarnya mobil f1 ini balapan diikuti oleh 18 tim dan 21 peserta. Namun dikarenakan biaya untuk berkopetisi di ajang balapan f1ini mahal, sehingga banyak tim yang akibatnya bangkrut dan keluar dari persaingan.
Poin yang diperoleh pada ketika awal formula 1 digelar untuk seorang pemenang diberi poin delapan. Dan hanya lima pembalap yang paling depan yang akan memperoleh poin.
Pada era tahun 1950-an ini, teknologi yang berkembang yaitu pada penggunaan rem cakram juga mesin nonturbo yang sanggup menghasilkan 100 tenaga kuda/1000 cc. Selain itu, teknologi yang berkembang pada era ini, yaitu mesin diletakan di penggalan belakang mobil.
Era 1960-an
|
f1 era 60-an |
Pda era 1960-an ini mulai diwajibkannya pemakaian baju tahan api, sabuk pengaman, penggunaan helm dan juga kacamata khusus. Pada era ini perubahan teknologi mulai muncul , salah satunya, yaitu pergantian gerak roda belakang. Keuntungan pada perubahan ini, yakni kendaraan beroda empat lebih simpel dikendalikan kalau dibandingkan dengan era sebelumnnya, kendaraan beroda empat yang masih sulit dikendalikan di trek walaupun dilengkapi supercharger. Pada tamat era 1960-an, kendaraan beroda empat formula satu sudah sanggup menghasilkan 360 tenaga kuda.
Era 1970-an
Pada era tahun 1970-an ini ada yang unik, diantaranya penggunaan enam roda, ibarat Tyerell-Ford P-34, era 1970-an yang menjadi awal revolusi teknologi balap, Namun akibatnya penggunaan lebih enam roda pun dilarang.
Pada era ini, pengembangan-pengembangan lainnya juga terus dilakukan, ibarat pada sistem aerodinamika, model sayap, kapasitas mesin, juga kinerja sistem transmisi.
Era 1980-an
Pada era ini, kendaraan beroda empat formula 1 dengan bodi menggunakan serat karbon mulai hadir, salah satu yang menjadi pelopornya yaitu McLaren mp4/1. selain itu, teknologi lainnnya yang muncul pada era ini yaitu double chassis, bukaan katup pneumatik, persneling semi otomatis dan suspensi aktif. Pada masa era ini, tenaga yang sanggup dihasilkan yaitu mencapai 1500 tenaga kuda, itu diakibatkan dari penggunaan turbo.
Pada era ini juga, diwajibkannya para pebalap memiliki Superlicense (SIM khusus bagi pebalap F1).
Era 1990-an
Pada era 1990-an ini, biaya untuk berkompetisi di ajang balapan f1 mulai meningkat, ini disebabkan lantaran mulai majunya teknologi. Hingga di era ini sanggup disebut uang merupakan kekuatan yang sangat memilih keberhasilan tim dan pebalapnya.
Pada masa ini, juga mulai diperkenalkannya alat bantu elektronik, mulai dari power steering, traction control, dan juga gearbox semiotomatis.
Tyrell 0-19 membawa perubahan pada bentuk kendaraan beroda empat f1 ketika ini, dengan rancangan bentuk bodi yang lebih aerodinamis dan rancangan sayap hidung yang berundak.
Pada era ini juga, f1 banyak terjadi perubahan lantaran banyaknya regulasi gres yang mengatur keselamatan pebalap.
Era 2000-an
Pada masa tahun 2000-an atau kala ke 21 ini, mulai berakhirnya era mesin dengan 10 silinder yang telah dipakai lebih dari 2 dekade. dan mulai beralih ke mesin bersilinder delapan yang mulai diperkenalkan pada isu terkini 2006.
Pada sektor keamanan pebalap pun lebih diperketat lagi.pada era ini, mereka harus menggunakan pengaman kepala dan leher atau HANS (Head and Neck Support)
Pada era ini juga, tubuh manajemen F1 mulai menciptakan merek dagang, termasuk logo dan juga situs web remi www.formulaone.com.
Pada era 2000-an ini, akibatnya penantian Ferarri selama 21 tahun, untuk meraih suatu gelar juara dunia pebalap, sanggup terbayar, ketika itu diperkuat oleh Michael Schumacher, merupakan pebalap asal Jerman.
Era 2010-an
Mobil f1 pada era kini semakin canggih, baik dari mesin, juga perangkat elektroniknya yang semakin hebat, setir kendaraan beroda empat pada zaman kini ini juga semakin canggih, lantaran di penggalan setir sudah dilengkapi dengan tombol-tombol yang bermacam-macam fungsi, termasuk juga pengaturan persneling.
Selain pada kendaraan beroda empat yaitu pada penggalan keamanan untuk pebalap juga semakin maju.
Dan itulah perkembangan F1 dari dekade ke dekade. Meskipun kini kendaraan beroda empat formula satu sudah sangat canggih tapi tidak menutup kemungkinan bahwa di masa yang akan tiba kendaraan beroda empat F1 akan semakin canggih lagi.
sumber :
kaskus
Belum ada tanggapan untuk "Perkembangan F1 Sampai Dekade Sekarang"
Posting Komentar