Jembatan Barelang Serta Konstruksi Bangunannya
Halo Salam berbahagia.
Semoga kabar teman semua dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah postingan yang berjudul "Jembatan Barelang Serta Konstruksi Bangunannya".
Memang jembatan di negara Indonesia ini kini jumlahnya banyak sekali, untuk jembatan yang baik dan megah jumlahnya juga tidak sedikit. Bila sebelumnya saya sudah membahas wacana
jembatan Suramadu dan
jembatan Palu IV. Maka pada kesempatan ini saya akan membahas wacana Jembatan Barelang.
Nama Barelang pada jembatan ini memang lebih terkenal dibandingkan dengan nama aslinya yakni jembatan Fisabilillah, Barelang sendiri diambil oleh masyarakat setempat dari nama-nama pulau yang dihubungkan oleh jembatan ini.
Nama pada jembatan Barelang sendiri merupakan akronim dari Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan ini menghubungkan antara Pulau Batam, Tonton, Nipah, Rempang, Galang dan Galang Baru. Selain Jembatan Barelang Masyarakat setempat juga ada yang menyebutnya jembatan Habibie, dikarenakan dialah yang telah memprakarsai pembangunan jembatan tersebut, Jemabatan ini telah menjadi ikon bagi kota Batam, selain itu jembatan ini juga telah menjadi landmarknya Pulau Batam. Misal jika kita ke Palembanng yang identik itu yaitu jembatan Ampera dan dijadikan pula sebagai landmark kota Palembang maka di Batam ini yang identik yaitu Jembatan Barelang atau Jembatan Habibie.
Bila teman berkunjunjung atau berwisata ke Batam, maka cobalah untuk berkunjung ke jembatan ini,
alasannya memang jembatan ini anggun dan sanggup dijadikan sebagai background untuk berfoto.
Keenam jembatan yang ada di Barelang
Jembatan Barelang ini merupakan nama jembatan dari keseluruhan jembatan yang ada di lokasi tersebut. Jembatan yang termasuk jembatan Barelang ini yaitu:
Jembatan Raja Kecik (jembatan VI)
Jembatan Tuanku Tambusai (jembatan V)
Jembatan Sultan Zainal Abidin (jembatan IV)
Jembatan Raja Ali Haji (jembatan III)
Jembatan Nara Singa (jembatan II)
Jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan I),
Khusus jembatan Tengku Fisabilillah ini merupakan jembatan paling besar di antara jembatan-jembatan lainnya yang ada pada Barelang ini.
Berdasarkan sumber dari wikipedia, untuk jembatan Tengku Fisabilillah diselesaikan pada tahun 1997, dan mempunyai panjang 385 meter, bentangan yaitu 11 X 35 meter, Material yang dipakai pada jembatan Tengku Fisabilillah ini yaitu beton bertulang. Jembatan ini menggunakan Konstruksi cantilever dengan memakai kabel sementara.
Jembatan Barelang yaitu suatu plot project berteknologi tinggi dan melibatakan ratusan insinyur yang semuanya dari Indonesia dan tanpa campur tangan tenaga hebat dari luar negeri.
Pembangunan Jembatan Barelang
Jembatan Barelang dibangun dalam masa 6 tahun tepatnya yaitu di mulai pada tahun 1992 hingga 1998 untuk memperluas otoritas Batam yang disingkat OB, yaitu sebagai regulator tempat industri pulau Batam. Pembangunan jembatan ini menghabiskan dana sebanyak Rp. 400 Miliar.
Nah di bawah ini saya akan berikan foto jembatan barelang ini yang salah satunya merupakan jembatan paling besar, yaitu berjulukan jembatan Tengku Fisabilillah,
|
Jembatan Tuanku Tambusai |
|
Jembatan Tengku Fisabilillah |
Dengan adanya jembatan Barelang ini biar sanggup semakin memajukan pulau Batam dan biar tempat lainnya di Indonesia yang membutuhkan akomodasi jalan penghubung menyerupai jembatan, biar sanggup terperhatikan oleh pemerintah untuk dibangun akomodasi tersebut.
Nah itulah sekilas wacana jembatan Barelang. Dan biar sanggup bermanfaat dan sanggup menambah wawasan sobat.
Belum ada tanggapan untuk "Jembatan Barelang Serta Konstruksi Bangunannya"
Posting Komentar