Jembatan Suramadu Serta Konstruksi Bangunannya
Assalamuallaikum wr.wb
Di dunia ini banyak jembatan-jembatan yang tersebar dan dari kesemuanya itu mempunyai banyak sekali perbedaan dan sanggup juga mempunyai keunikannya masing-masing.
Salah satu yang sanggup membedakan antara jembatan satu dengan yang lainnya yaitu contohnya sanggup dilihat dari tinggi suatu jembatan, sanggup juga panjang suatu jembatan ada jembatan yang ukurannya pendek ada juga yang ukuran atau jaraknya panjang, bahkan ada yang mencapai puluhan kilometer.
Di Indonesia sendiri, tentunya banyak tersebar jembatan yang dipakai sebagai alat untuk melewati suatu rintangan. Salah satu jembatan yang ada di Indonesia yaitu jembatan Suramadu yang hingga ketika ini merupakan jembatan penghubung antar pulau paling panjang di Indonesia.
Seperti yang tadi aku telah katakan, bahwa jembatan Suramadu merupakan jembatan penghubung antar pulau terpanjang di Indonesia hingga hari ini (saat artikel ini dibuat), jembatan megah ini mempunyai panjang hingga hampir mencapai 5.5 km. dengan anggaran biaya pembangunan hingga 4.5 triliyun, dan sedikitnya menghabiskan 50.000 ton besi dan 650.000 ton beton. Berdasarkan namanya jembatan Suramadu atau kependekan dari jembatan Surabaya Madura yaitu jembatan yang menghubungkan antara Surabaya di pulau Jawa dengan pulau Madura, jembatan ini juga melintasi selat Madura. Selain panjang, jembatan ini juga mempunyai lebar jembatan dan lebarnya yaitu sepanjang 30 meter dan mempunyai tinggi yaitu 146 meter.
Jembatan ini akan terlihat biasa jikalau dilihat pada siang hari, namun akan berubah pada malam hari alasannya yaitu jembatan ini sanggup dipenuhi oleh pancaran sinar lampu yang berwarna-warni.
Awal pembangunan jembatan ini diresmikan oleh presiden yang menjabat ketika itu yaitu Megawati Soekarnoputri pada tahun 2003 dan pembukaannya diresmikan oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009. Dibangunnya jembatan Suramadu ini bertujuan sebagai upaya untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura.
Konstruksi Bangunan
|
Konstruksi Jembatan Suramadu |
Terdiri dari 36 bentang untuk sisi Surabaya dan mempunyai 45 bentang untuk sisi Madura dan mempunyai panjang masing-masing 40 meter. Konstruksi bangunan bab atas memakai PCI Girder sedangkan pada bab bawah memakai pondasi pipa baja dengan diameter 60 cm dan panjang rata-rata 27 meter untuk sisi Madura dan 25 meter untuk sisi Surabaya.
Kondisi jembatan terdiri dari pondasi bored pile 2,4 m dan panjang sekitar 80 m. Memiliki dua Pylon kembar dengan ketinggian 140 meter dan lantai komposit double plane yang ditopang dengan cable stayed.
Nah itulah sekilas wacana Jembatan Suramadu serta konstruksi bangunannya, semoga dengan adanya jembatan Suramadu ini sanggup menciptakan wilayah yang ada di pulau Madura sanggup lebih maju lagi dan biar perawatan jembatan Suramdu baik sehingga konstruksi jembatan ini sanggup terus terjaga juga tahan lama.
Dan sekian dari aku wassalamuallaikum wr. wb
Saya besar hati dengan Indonesia.
Belum ada tanggapan untuk "Jembatan Suramadu Serta Konstruksi Bangunannya"
Posting Komentar